Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ads Exoclick

Penemuan Kerangka Purba Berumur 4000 Tahun

Beberapa tahun yang lalu sebuah penemuan unik ditemukan di kaki gunung dekat desa tua Tajikistan, Tudakavsh, di daerah Kulyab, di tenggara negara tersebut. Bukan tanpa sebab, Seperti yang dikutip dari ISAR TASS, melaporkan bahwa ada sekelompok penduduk menemukan kerangka seorang pria purba dimana kerangka tersebut terawat sangat baik, ketika Mereka sedang menggali tanah. Setelah diteliti lebih lanjut para pakar menyatakan bahwa kerangka tersebut kurang lebih berusia 4000 tahun dan mempunyai tinggi bada 2 meter.

Rektor Universitas Kulyab, Karimdjon Kodiri dan para mahasiswanya dari jurusan arkeologi masa depan telah menyaksikan lokasi di mana kerangka itu ditemukan. Setelah melakukan penggalian awal, Mereka ternyata menemukan beberapa guci-guci tanah liat tak jauh dari tempat kerangka itu. Tidak hanya itu Kepala departemen arkeologi pada Institut Sejarah. Arkeologi dan Etnografi Akademi Sains Nasional, Yusuf Yakubov, mengatakan kepada media Itar-Tass bahwa dia tidak bisa menyimpulkan kerangka manusia purba itu, kecuali penemuan artifak-artifak di dekatnya barangkali berada dari Zaman Perunggu, atau sekitar 2.500 tahun sebelum Masehi.

Yakubov juga mengatakan, suatu ekspedisi akan dikirimkan ke desa Tudakavsh untuk mempelajari situs di mana kerangka itu ditemukan, dengan penelitian lebih rinci. Tajikistan memang dikenal mempunyai berbagai monumen arkeologi besar di Dunia, seperti pemukiman Pendzhikent, Takhti-Sangin, dan biara Budha Adjina-Tepa, dengan patung Budhanya dari lempung setinggi 14 meter, yang disebut Budha di Nirwana.

Posting Komentar untuk "Penemuan Kerangka Purba Berumur 4000 Tahun"