Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ads Exoclick

4 Kesalah Pahaman Mengenai Ilmu Pengetahuan

Semakin berkembangnya teknologi tentu tak pernah lepas dari Ilmu Pengetahuan, Berkat Ilmu Pengetahuan Kita dapat mengetahui banyak hal di Dunia dan Luar Angkasa yang luas ini. Namun tahukah Kamu bahwa banyak kesalah pahaman terhadap Ilmu Pengetahuan itu sendiri yang telah beredar di Masyarakat luas. Kali ini Kita akan membahas tentang beberapa hal kesalah pahaman pada Ilmu Pengetahuan yang harus Kamu ketahui.

1. Air Berwarna Biru Tidak Dikarenakan Hanya Refleksi Dari Langit


Banyak yang berpendapat bahwa Air yang Kita ketahui berwarna biru "Hanya" karena mereka merefleksikan langit biru. Sebenarnya air tampak biru karena mereka benar-benar biru. Artinya molekul air yang menyerap cahaya dan mereka juga menyerap frekuensi warna merah lebih banyak dibandingkan frekuensi biru, sehingga frekuensi biru tampak dipermukaan. Efek nya sangatlah kecil, jadi warna biru menjadi terlihat lebih jelas saat mengamati lapisan air yang cukup padat atau dalam. Di air asin atau mata air mineral, warna dari peluruhan mineral dapat terlihat. Perefleksian warna langit juga memberikan peran untuk warna biru lautan, tetapi hanya saat permukaan air yang sangat tenang dan hanya saat air diamati dengan kesudutan yang kecil sekitar 10 derajat.

2. Listrik Tidak Bergerak Pada Kecepatan Cahaya


Banyak yang menduga bahwa Elektron berjalan pada kabel listrik secepat cahaya. Namun kenyantaannya energi dari elektriklah yang mengalir secara cepat (yang tetap lebih lambat dari kecepatan cahaya). Elektron, yang mempunyai massa, dapat bergerak pada kecepatan cahaya dengan menggunakan teori relativitas. Kecepatan dari muatan listrik dalam arus elektrik sangat lambat, sekitar beberapa centimeter per jam. Di tempat dimana arus elektrik dapat terlihat, seperti di dalam electrophoresis, pergerakan lambat dari pembawa muatan dapat dilihat langsung.

3. Kamu Tidak Akan Terkena Flu Hanya Karena Udara Dingin


Sudah banyak beredar di Masyarakat luas bahwa sebenarnya Flu merupakan akibat dari udara yang dingin. Akan tetapi kenyataannya, udara yang dingin tidak lah menyebabkan gejala Flu dan tidak ada kaitannya sama sekali. Gejala Flu timbul akibat virus yang terdapat pada udara.

4. Musim Dianggap Mempunyai Periode Waktu Yang Sama


Dikarenakan Bumi bergerak cepat di orbitnya saat mendekati Matahari, musim panas di bagian selatan Bumi/musim dingin di bagian utara Bumi adalah musim terpendek waktunya, dengan musim panas di utara atau musim dingin di selatan terlama. Tetapi, perbedaannya hanya terasa beberapa hari saja, sementara di Mars dengan orbitnya yang eksentrik, perbedaannya terasa sangatlah besar.

Posting Komentar untuk "4 Kesalah Pahaman Mengenai Ilmu Pengetahuan"