Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ads Exoclick

4 Rekor Tertua Di Dunia Yang Ada Di Indonesia

Indonesia memang sejak dahulu dikenal sebagai Bangsa yang memiliki kekayaan alam berlimpah, Tak hanya itu banyak tersebar pula bergam Budaya di Negri tercinta Kita ini. Akibat dari hal tersebut-lah yang membuat banyak Negara-negara lain ingin menguasai Indonesia, Sejarah pernah mencatat bahwa Bangsa Kita sendiri telah memiliki masa lalu yang kelam dimana pernah terjajah oleh Belanda, Portugis dan Jepang. Dibalik masa kelam tersebut, Ternyata Indonesia memiliki banyak fakta menarik dan mengejutkan di kancah Dunia loh. Salah satunya ditemukannya 4 Rekor Dunia Yang Paling Tua Asal Indonesia, Lalu rekor apa sajakah itu.

1. Lukisan Gua Tertua Di Dunia


Sebelumnya rekor lukisan tertua di Dunia dipegang oleh Spanyol dengan sebuah Gambar berusia 37.300 tahun yang dimana ditemukan terletak berada dalam sebuah gua di wilayah El Castillo. Namun pada akhirnya rekor tersebut di patahkan pada tahun 2013 oleh sebuah lukisan yang berada di Leang Timpuseng, kawasan Karst Maros, Sulawesi. Hal ini dibuktikan setelah para peneliti melakukan pengujian karbon pada lukisan tersebut dimana usianya mencapai 39.900 tahun atau nyaris 2000 tahun lebih tua dari lukisan gua yang ada di El Castillo. Penelitian yang dilakukan terhadap lukisan ini sendiri tidak dilakukan oleh sembarang orang, Karena sejak tahun 2011 para peneliti dari Pusat Arkeologi Nasional, Balai Arkeologi Makassar, Balai Peninggalan Cagar Budaya Makassar, Universitas Wollongong dan Universitas Griffith, Australia telah meneliti lukisan ini secara serius dan akhirnya ditemukan jawaban pasti pada tahun 2013. Hasil dari Penelitian tersebut pernah membuat heboh para peneliti di Dunia, Terlebih lagi setelah di publikasikan dalam Jurnal Ilmiah Internasional, Nature, pada edisi 9 Oktober 2014.

2. Candi Sekaligus Piramida Tertua Sejagat


Beberapa tahun yang lalu, Masyarakat di Indonesia sendiri telah dihebohkan dengan sebuah penemuan Piramida yang di yakini sebagai yang tertua di Dunia dan berlokasi di Gunung Padang tepatnya Kabupaten Cianjur. Dari hasil penelitian para Arkeolog Dunia menyatakan bahwa kemungkinan Piramida tersebut merupakan yang tertua bahkan lebih tua dari pada Piramida yang berada di Mesir. Bukan tanpa sebab, Mereka menyatakan bahwa Piramida tersebut berusia lebih dari 20 ribu tahun dan jauh lebih lama dari Piramida tertua di Mesir yang baru dibangun sekitar 5 ribu tahun silam. Tidak hanya itu Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan pernayataan seorang pakar geologi bernama Dr. Danny Hilman, yang menyebutkan bahwa membangun sebuah situs di antara gunung berapi dengan ketinggian 885 meter di atas laut merupakan hal yang sangatlah sulit, apalagi jika menggunakan bebatuan vulkanis yang berukuran cukup besar dan berat. Jadi besar kemungkinan jika piramid yang ada di situs Gunung Padang, di buat pada jaman dimana ukuran ras Manusia jauh lebih besar dari sekarang tepatnya puluhan ribu tahun yang lalu.

3. Ras Manusia Moder Pertama Di Bumi


Sejak dahulu Kita selalu beranggapan bahwa Manusia pertama yang menyandang gelar Modern berasal dari suku "San" dan sudah mendiami benua Afrika sejak puluhan ribu tahun yang lalu. Namun ternyata ini disanggah oleh Dr Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald yakni seorang pakar Palentologi dan Geologi berdarah Jerman-Belanda yang telah melakukan penelituian terhadap Homo Erektus, pada tahun 1678 yang lalu. Ia menyatakan jima Ras Manusia tertua yang ada di Bumi ini, sebenarnya berasal dari Indonesia. Hal tersebut tercatat secara detail di Anthropoaleontologi Von Koningswald, Geologi Van Bemmelen, Purwayuga Pangeran Wangsakerta. Menurut Dr. Gustav, pada dasarnya seluruh ras manusia modern yang ada di Bumi ini berasal dari dari satu keturunan yang sama yaitu Ras Nusantara yang dikenal dengan nama lain ras Austronesia. Ras ini diperkirakan mendiami kepulauan yang bernama Dwipantara atau nama lain dari Indonesia sekarang ini, sejak jutaan tahun yang lalu. Manusia modern pertama yang lahir di Bumi sendiri berasal dari generasi Meganthropus paleo nusantaranicus yang menjadi cikal bakal lahirnya generasi Hominid dan Homo sapiens. Ras ini diperkirakan sudah hidup sejak 1-4 juta tahun yang lalu. Bukti lain dari pernyataan ini sendiri adalah dengan ditemukanya banyak fosil dari manusia purba yang ditemukan di Indonesia, salah satunya yang paling tua tentu alaha fosil yang ditemukan pada Situs Trinil dan Sangiran.

4. Goresan Seni Tertua Di Dunia


Jika Kita tadi telah membahas tentang lukisan gua tertua di Dunia yang berada di Leang Timpuseng, kawasan Karst Maros, Sulawesi. Namun ternyata benda seni tertua asal Nusantara tak hanya itu saja karena di situs Trinil yang ada di Ngawi, Jawa Timur ditemukan benda seni lain yaitu sebuah goresan Manusia purba pada sebuah cangkang kerang air tawar yang masuk dalam spesies Pseudodon vondembuschianus trinilensis . Goresan itu berupa perforasi atau lubang-lubang kecil dengan ukuran beberapa millimeter yang diperkirakan dibuat oleh Manusia purba ketika ingin membuka cangkang kerang yang keras tersebut diperkirakan telah berusia sekitar 500 ribu tahun. Hal ini bisa terlihat dari corak goresan yang terlihat seperti dari gigi Ikan hiu yang biasanya digunakan oleh Manusia purba pada jaman itu untuk membuka kerang maupun benda keras lainya. Penemuan torehan cangkang tertua ini sendiri merupakan hasil dari penelitian Josephine CA Jordens, seorang peneliti Fakultas Arkeologi di Universitas Leiden, Belanda. Dalam pernyataan lainya Josephine, juga memperkirakan jika setelah berhasil membukanya, orang purba pada zaman itu menggunakan cangkang kerang itu sebagai media untuk membuat karya seni dengan menorehkan atau menggores permukaannya secara zig-zag dan tidak putus-putus. Sayangnya, belum diketahui apa maksud dari setiap goresan yang dibuat tersebut.

Posting Komentar untuk "4 Rekor Tertua Di Dunia Yang Ada Di Indonesia"