Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ads Exoclick

4 Tokoh Indonesia Yang Penemuannya Diakui Oleh Dunia

Selain Bapak Bj Habibie yang penemuannya serta kecerdasaannya di akui oleh Dunia, Ternyata ada beberapa Genius lainnya yang berasal dari Indonesia loh. Gak hanya itu, Penemuan dari Orang-orang asal Indonesia ini sangat bermanfaat bagi perkembangan Dunia, Wow!. Kenyataannya banyak para Genius yang berada di Negara Kita tercinta ini akan tetapi tidak pernah diketahui oleh Masyarakat Indonesia padahal di luar sana Mereka sangatlah di hormati dan disegani. Lalu siapa sajakah Tokoh-tokoh tersebut, Yuk simak artikelnya dibawah ini.

1. Ir Tjokorda Raka Sukawati - Penemu Teknik Sosrobahu


Banyak Masyarakat yang mengenal jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono di salah satu ruas Kota Jakarta, Tetapi tahukah Kamu dengan Nama tersebut?. Ya, Ir Wiyoto Wiyono merupakan tokoh terkenal pada masanya yang telah menemukan teknik Sosrobahu, Pria asal Bali dan merupakan lulusan dari Teknik Sipil ITB tersebut berhasil membuat jalan Tol untuk mengurangi kemacetan di Jakarta serta menekan biyaya yang lebih efisien. Teknik Sosrobahu sendiri terinspirasi dari cara kerja dongkrak dimana teknik ini menerapkan pemasangan tiang pier head seberat 488 ton secara vertikal, yang setelah kering, kemudian diputar 90 derajat mengikuti landasan putar, yang memungkinkannya berputar di atas kepala pier shaft. Teknik tersebut berhasil di uji cobakan pada tahun 27 Juli 1988.

2. Prof Dr Khoirul Anwar - Penemu Teknologi Broadband 4G dan 5G


Seorang Profesor muda asal Kediri, Jawa Timur bernama Prof Dr Khoirul Anwar ini berhasil menemukan teknologi nirkabel yang biasa Kita kenal sebagai jaringan 4G dan 5G. Profesor kelahiran tahun 1978 tersebut berhasil menciptakan jaringan yang lebih cepat, namun dengan energi lebih sedikit, sehingga mampu mengatasi keterbatasan kanal komunikasi di banyak wilayah di Dunia. Menariknya seperti yang dikutip dari situs resmi Universitas Negri Semarang, Penemuannya tersebut terinspirasi dari serial kartun Dragon Ball. Dimana Ketika Goku akan melayangkan Spirit Ball sebagai jurus terdahsyatnya, ia akan menyerap semua energi makhluk hidup di alam. Dari situlah konsep tersebut kemudian diformulasikan oleh Prof Khoirul dalam serangkaian rumus matematika. Jurus dari Spirit Ball dianalogikan sebagai turbo equalizer yang dimana mampu untuk mengumpulkan seluruh energi dari blok transmisi yang ter-delay, maupun blok transmisi terdahulu, untuk melenyapkan distorsi data akibat interferensi gelombang.

3. Prof Ir RM Sedyatmo - Penemu Pondasi Cakar Ayam


Seorang Profesor bernama Ir RM Sedyatmo merupakan penemu dari teknik Pondasi Cakar Ayam, Uniknya penemuan tersebut terinspirasi dari sebuah pohon kelapa dimana kala itu beliau dan keluarganya sedang menikmati liburan di Pantai Ancol. Hal ini bermula ketika sang Profesor tertegun melihat banyak pohon kelapa berjejer serta terus berdiri tegap walau dahannya tersu bergoyang diterpa angin kencang. Selama beberapa hari memikirkan hal tersebut dan mencari solusi problematika yang sedang dihadapi akhirnya Beliau berhasil menemukan pondasi cakar ayam. Teknik ini mengandalkan tekanan pasif dari tanah dan gaya lateral yang diterima pelat, sehingga tidak perlu menembus lapisan tanah keras. Pondasi tersebut berwujud lempengan beton bertulang yang "mengapung" di atas tanah lembek, di mana pada bagian bawahnya ditambahkan secara monolitik sejumlah pipa beton bertulang. Meski tidak sampai menyentuh tanah keras, namun kaki-kaki yang disebut sebagai "cakar ayam" ini sudah cukup berperan sebagai stabilisator konstruksi, yang sanggup menahan tekanan dari atas dan samping.

4. Yogi Ahmad Erlangga


Seorang peneliti asal Indonesia yakni Yogi Ahmad Erlangga berhasil menemukan peluang mengefisiensikan proses eksplorasi minyak. Kala itu dirinya melakukan penelitian di Delft University of Technology, Belanda, Hasilnya dinyatakan lulus pada tanggal 22 Desember 2004 dan telah menjadi dasar metode perhitungan yang di mana memungkinkan komputer memecahkan persamaan krusial jauh lebih cepat, sehingga eksplorasi minyak pun bisa lebih tepat sasaran. Prosesnya sendiri adalah dengan mentransmisikan gelombang suara ke tanah, di mana pantulannya direkam ketika kembali ke permukaan Bumi. Analisis data ini memungkinkan para spesialis untuk menemukan endapan minyak.

Posting Komentar untuk "4 Tokoh Indonesia Yang Penemuannya Diakui Oleh Dunia"