Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ads Exoclick

4 Peradaban Yang Hilang Secara Misterius

Sepanjang sejarah dan masalalu banyak peradaban yang hilang bak ditelan oleh Bumi, Mulai dari karena bencana alam atau bahkan oleh invasi Manusia itu sendiri. Oleh karena itu banyak peneliti yang dibuat bingung, Padahal jika ditelusuri lebih lanjut akan menjadi harta yang tak pernah ternilai dan menjadi alasan mengapa pada zaman dahulu banyak bangunan yang megah berdiri padahal dulu belum ada alat-alat canggih seperti sekarang. Nah kali ini Kita akan membahas tentang 4 Peradaban Yang Hilang Secara Misterius.

1. Puebloans Olmec


Mesoamerika (Olmec) merupakan salah satu Masyarakat pertama yang mendiami dataran rendah tropis diselatan tengah Meksiko. Masyarakat Olmec di yakini hidup pada tahun 1400 SM di kota San Lorenzo, Bukti utamanya didukung oleh dua pusat lainnya yaitu Tenochtitlan dan Potrero Nuevo. Mereka di percaya merupakan peradabaan yang ahli dalam bidang bangunan, Karena banyak ditemukan Pengadilan Seremonial, Gundukan Rumah, Piramida Kerucut besar dan Monumen Batu termasuk Kepala Kolosal yang menjadikan peradaban mereka sangat dikenal. Masyarakat Mereka juga sangat bergantung pada perdagangan antar wilayah, Karena hal tersebutlah Mereka dikenal sebagai budaya paling maju dari berbagai budaya Masoamerika. Namun sayangnya pada tahun sekitar 400 SM sebelah timur separo wilayah Olmec mulai tak berpenghuni atau ditinggalkan sebabnya mungkin karena perubahan lingkungan. Mereka mungkin juga mengungsi setelah adanya aktivitas gunung berapi di daerah tersebut. Teori populer lain mengatakan bahwa Mereka diserang, tetapi sampai sekarang tidak ada yang tahu siapa penjajah yang menginvasi Bangsa Olmec.

2. Puebloans Nabatean


Untuk diketahui Nabatean sendiri merupakan sebuah budaya semitik yang ada sekirar abad ke 6 SM dan merupakan bagian dari Yordania, Kanaan dan Arab pada masa itu. Mereka juga dikenal sebagai pembangun Kota Petra yakni sebuah Kota yang mengesankan dimana dipahat dari sisi tebing dengan mahkota permata yang menjadi Khazneh atau harta karun, sebuah bangunan yang diilhami gedung Yunani raksasa. Kekayaan dari Bangsa ini sendiri diperoleh melalui perdagangan, seperti gading, sutra, rempah-rempah, logam mulia, permata, kemenyan, gula parfum dan obat-obatan. Akan tetapi pada abad ke 4 SM Kota Petra ditinggalkan oleh bangsa Nabataen dan tidak ada yang tahu alasannya. Para Arkeologi membuktikan bahwa sifat Masyarakat Mereka merupakan salah satu yang terorganisir dan tidak terburu-buru dan membuktikan bahwa Mereka pergi tidak karena diusir dari Petra oleh budaya lain. Nah penjelasan yang paling masuk akal adalah bahwa ketika rute perdagangan Mereka berganti pada rute sebelah utara hal inilah yang membuat Mereka tidak bisa lagi untuk mempertahankan peradabannya dan akhirnya meninggalkan Kota Petra .

3. Kekaisaran Aksumite


Kekaisaran Aksumite dipercayai ada pada abad ke 1 Masehi dan bertempat di Ethiopia serta di yakini merupakan rumah dari Ratu Sheba. Perlu diketahui bahwa Masyarakat Mereka sendiri adalah yang sangat kaya dan budaya Afrika pertama yang mengeluarkan mata uang sendiri dan pada zaman kuno merupakan tanda yang sangat penting bagi suatu bangsa. Monumen yang paling dikenal dari Aksum adalah stelae yakni sebuah obelisk yang diukir dengan ukuran raksasa sebagai penanda dari kuburan Raja dan Bangsawan. Awalnya Bangsa Mereka menyembah beberapa Tuhan tetapi Tuhan utama Mereka sendiri adalah Astar. Namun pada saat Raja Ezana II menduduki Bangsa tersebut akhirnya Masyarakatnya sendiri mulai memeluk Agama Kristen dan sejak saat itu pula Aksum merupakan budaya yang sungguh-sungguh Kristiani. Sayangnya peradabaan Mereka menghilang bak ditelan Bumi, Menurut legenda setempat sang Ratu Yahudi bernama Yodit berhasil mengalahkan Kekaisaran Aksumite lalu membakar gereja dan sastra milik Mereka. Akan tetapi banyak yang percaya bahwa Ratu Selatan yakni Bani al-Hamwiyah yang menyebabkan lenyapnya budaya Aksumite. Teori lainnya pun mulai bermunculan, Mereka berpendapat bahwa Bangsa Aksumite menghilang akibat perubahan iklim, isolasi perdagangan dan kemunduran pertanian yang menyebabkan kelaparan.

4. Mycenaeans


Mycenaeans merupakan sebuah peradabaan yang tumbuh dari Minoan tepatnya tahun 1600 SM di Yunani Selatan. Banyak Kota-kota besar yang dibangun dan dikuasai pada peradabaan ini seperti Mycenae, Tiryns, Pylos, Athena, Thebes, Orchomenus, Iolkos dan Knossos. Banyak legenda yang menceritakan bahwa Mereka merupakan salah satu peradabaan yang memiliki angkatan laut tangguh dan tidak hanya itu Bangsa Mycenae juga diceritakan termasuk dalam legenda Raja Agamemnon yang dimana memimpin pasukan Yunani selama Perang Troya. Seperti peradabaan lainnya, Bangsa Mycenae juga tidak diketahui alasannya menghilang, Namun banyak yang menyimpulkan kerusuhan antara kelas petani dan kelas penguasa-lah yang menyebabkan akhir dari Myceaneans. Sebab Lain diperkirakan karena gangguan pada rute perdagangan, atau faktor alam seperti gempa bumi. Akan tetapi teori yang paling populer adalah bahwa mereka diserang oleh peradaban dari utara seperti Dorians (yang menetap di daerah tersebut setelah jatuhnya Myceaneans) atau Manusia Laut (yang pada waktu itu bermigrasi dari Balkan ke Timur Tengah ).

Posting Komentar untuk "4 Peradaban Yang Hilang Secara Misterius"