Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ads Exoclick

4 Kota Terkenal Yang Hilang Tanpa Jejak

Dalam masa peradaban Dunia, Banyak Kota-kota besar yang terlahir. Namun sayangnya Kota-kota tersebut sudah hilang bak ditelan Bumi. Gak cuma itu, Pada masanya ada beberapa Kota terkenal ikut hilang tanpa jejak, Padahal dulunya peradabaan disana sangatlah maju. Lalu mengapa Mereka tiba-tiba saja menghilang? Hal ini sendiri masih menjadi misteri dan perdebatan dikalangan Ilmuwan, Kamu juga harus baca mengenai 4 Peradaban Yang Hilang Secara Misterius. Nah kali ini Kita akan membahas tentang 4 Kota Terkenal Yang Hilang Tanpa Jejak, Apa sajakah Kota-kota tersebut? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Kota Babilon Kuno


Babilon, ibukota dari peradaban Babylonia, kerajaan kuno ternama Mesopotamia, namanya dikenal karena pemerintahan Raja Nebuchadnezzar. Yang menyebabkan Babilon dikenal dunia dan pantas masuk dalam daftar kota hilang ini adalah 'harta misterius' di dalamnya, yaitu Hanging Gardens (Taman Gantung). Diceritakan pada suatu hari istri dari Raja Nebuchadnezzar II kangen akan pemandangan pegunungan rumahnya. Raja Nebuchadnezzar II kemudian membuat sebuah taman luar biasa indah yang memiliki banyak tingkat dan itu semua dibuat di kedalaman gurun pasir. Walaupun banyak penulis kuno yang mengatakan Taman Gantung itu memang ada, namun bukti nyata yang mengatakan hal tersebut sama sekali tidak dapat ditemukan. Apalagi melihat sekarang yang tersisa dari Babilon hanyalah puing dan reruntuhan peradaban Babilonia.

2. Kota Angkor


Angkor adalah sebuah kota besar di Kambodia yang juga adalah tempat berdiamnya kuil keagamaan terbesar di dunia, yakni Angkor Wat. Berada di antara abad ke-9 hingga ke-15, Angkor adalah pusat kekuatan kerajaan Khmer (Kambodia). Misteriusnya, kota ini bukan menjadi kota atau peradaban hilang karena bencana ataupun penjajahan, tapi hanyakarena ditinggalkan begitu saja oleh masyarakatnya, membuat kota dan ribuan kuilnya 'mati' di kedalaman hutan. Selama sekitar 300 tahun, kota ini adalah kota hilang hingga akhrnya ditemukan di abad ke-18. Sebagai gambaran, kota ini dapat disebut sebagai kota terbesar di dunia dalam zaman pre-industri. Rumor mengatakan bahwa tempat ini ditinggalkan karena ledakan populasi dan kurangnya dukungan infrastruktur.

3. Kota Troy


Merupakan kota legenda yang menjadi pusat dari berbagai sejarah modern seperti tempat kediaman Pahlawan Yunani Achilles dan kota dimana tempat terjadinya perang Kuda Trojan (Trojan Horse). Nama Troy sendiri dikenal melalui syair Homer dalam sebuah sajak paling terkenal saat itu, yakni Iliad. Sejak lama, keberadaan Troy sebagai kota atau peradaban yang hilang sering dikaitkan serupa dengan Atlantis. Hingga akhirnya di tahun 1871, Tembok Troy ditemukan secara tidak sengaja. Ada alasan mengapa Troy sering dikenal sebagai kota yang temboknya tidak dapat dikalahkan, itu karena Troy sendiri diperirakan dibangun di atas reruntuhan kota lainnya yang telah dihancurkan berkali-kali dan membuat tembok tersebut menjadi sangat kuat. Sekarang, hanya reruntuhanlah yang tersisa dari kota legendaris ini namun nama Achilles dan Kuda Trojan tetap dikenal dunia sebagai bagian dari kota hilang tersebut.

4. Kota Petra


Jika Kamu sudah baca mengenai 4 Peradaban Yang Hilang Secara Misterius harusnya Kamu tahu mengapa Kota dan Peradabaan ini hilang begitu saja. Tetapi tidak masalah, Terletak di bagian selatan Jordan dekat Laut Mati adalah Petra, kota yang ditinggalkan karena gempa bumi yang merusak infrastruktur sistem perairan di kota tersebut. Nama Petra sendiri adalah nama dari kota hilang hingga akhirnya dibesarkan kembali oleh seorang penjelajah, Ludwig Burckhardt, di abad ke-18. Sejak saat itulah kota yang berada di pertengahan gurun pasir ini menarik ribuan turis dari berbagai belahan dunia. Walaupun sekarang ini mungkin memang bukan 100% "kota hilang" namun Petra tetap layak masuk dalam berbagai daftar kota hilang paling ternama dunia.

Posting Komentar untuk "4 Kota Terkenal Yang Hilang Tanpa Jejak"